Sabtu, 25 Oktober 2014

Sponsor Klub Sepakbola Termahal di Dunia

Di era sepakbola modern ini sepakbola merupakan industri bisnis yang berkelimang harta. Entah itu pelatih, menejemen, official, maupun pemainnya. Pemasukan klub bisa berasal dari penjualan tiket stadion, dana kompetisi, hak siar televisi, sponsor, dll.

Pemasukan klub yang paling berpengaruh ialah dari sponsor. Tak sedikit perusahaan yang rela membayar banyak hanya agar produknya tertempel di jersey klub tersebut.

Dan inilah sponsor klub sepakbola termahal di dunia :


1. Chevrolet-Manchester United

sponsor klub sepakbola termahal di duniaSalah satu perusahaan otomotif Amerika Serikat, General Motors membayar kurang lebih $559 juta atau setara dengan Rp.5,4 triliun untuk Manchester United dengan durasi 7 tahun. Jika dihitung per tahun, General Motors membayar pihak Manchester United sekitar $80 juta atau setara dengan Rp.777 miliar. Hal itu dilakukan agar logo salah satu brandnya-Chevrolet bisa terpampang di dada jersey kebanggaan The Red Devils.


2. Qatar Airways-Barcelona

sponsor klub termahall di duniaRaksasa Spanyol-Barcelona, mulai tahun 2013 telah sepakat dengan perusahaan transportasi udara-Qatar Airways setelah selama kurang lebih 113 tahun berjersey tanpa sponsor. Qatar Airways membayar kurang lebih $38 juta pertahun atau jika di rupiahkan senilai Rp.369 miliar selama lima tahun.

3. Deutsche Telkom-Bayern Munchen

sponsor klub sepakbola termahalPeringkat sponsor terbesar ketiga dipegang oleh Bayern Munchen. Bayern Munchen telah menyepakati kontrak dengan perusahaan Deutsche Telkom. Nilai kontrak pertahunnya yaitu sekitar $37 juta atau senilai dengan 360 miliar.



4. Standard Charterd-Liverpool

sponsor klub sepakbola termahal di duniaLiverpool mendapatkan masukan sekitar $33 juta pertahun atau senilai dengan Rp.320 miliar dari salah satu bank Standard Chartered. Namun, kontraknya akan berakhir pada tahun ini setelah sejak 2009 mensponsori The Reds. Di kabarkan kedua belah pihak bernegoisasi untuk perpanjangan kontrak yang pastinya dengan bandrol lebih mahal dari sebelumya.

5. Fly Emirates-Real Madrid

sponsor klub sepakbola termahal di duniaMungkin Real Madrid adalah klub terkaya di dunia, namun pemasukan terbesarnya bukanlah dari sponsor klub. Buktinya raksasa Spanyol ini hanya ada di urutan ke lima soal sponsor. Les Merengues menyetujui kontraknya dengan Fly Emirates dengan bandrol 26 juta euro atau setara dengan 320 miliar pertahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar