Minggu, 26 Oktober 2014

Fakta Unik Stadion Manchester United (Old Trafford) yang perlu anda tahu

Stadion kebanggaan Manchester United ini ternyata memiliki beberapa fakta unik yang perlu anda simak. Terutama kalau agan adalah seorang Manchunian. Berikut fakta unik dari Stadion Old Trafford.

Fakta Unik Stadion Manchester United (Old Trafford) yang perlu anda tahu1. Kapan Old Trafford dibangun?

Stadion kebanggan Manchester United ini dibangun pada tahun1909. Stadion ini didesain oleh desainer terkenal asal Skotlandia, Ardhibald Leitch. Pembangunan stadion ini menelan biaya sebesar 60.000 poundsterling. Stadion ini lengkap dengan kursi penonton dan atap di seluruh teribun penonton.



2. Old Trafford Pernah Hancur

Ada yang tahu? ternyata stadion kebanggan tim berjuluk Setan Merah ini pernah hancur. Stadion ini hancur gara-gara dibom oleh tentara Jerman saat serangan Manchester Blitz. Pada saat renovasi, terpaksa Manchester United latihan di stadion tim tetangga yakni Manchester City.

3. Dilengkapi dengan Terowongan Munich Tunnel

Di dalam stadion ini terdapat terowongan yang diber nama Munich Tunnel.
Kenapa diberi nama Munich Tunnel? Karena terowongan ini dibangun untuk mengenang tragedi Munich 1958. Di mana dalam trgedi tersebut terjadi kecelakaan pesawat yang membawa tim Manchester United. Tercatat 23 orang meninggal dalam tragedi ini termasuk 8 orang pemain Setan Merah.

4. Floodlight (penerangan stadion) pertama

Pada tahun 1957, dipasanglah floodlight pertama Stadion Old Trafford, agar Manchester United bisa bertanding pada saat malam hari. Stadion ini memang megah dengan cahaya lampu yang begitu terang.

5. Megastore Red Shop

Megastore Red Shop adalah tempat pembelian atribut resmi Manchester United. Di sana tersedia berbagai macam barang yang pastinya serba Manchester United dan yang pasti original.

6. Tribun Barat adalah Tribu Bersejarah

Pada saat tribun barat belum memiliki kursi penonton, tribun ini selalu dipenuhi lebih dari 20.000 orang fans yang berdiri mendukung Setan Merah berlaga. Mereka dikenal dengan suara terbising di Britania Raya kala itu. Stadion ini terus diperbesar dan stadion ini merupakan stadion Eropa pertama yang menerapkan area VIP.

7. Fasiltas Old Trafford

Old Trafford merupakan stadion pertama yang membangun pagar di pinggir lapangan untuk mencegah hooliganisme. Tak hanya itu, pemotongan rumputnya pun dilakukan secara rutin. Pada bulan April sampai November rumput dipotong tiga kali tiap minggunya. Berbeda dengan bulan Desember sampai Maret, rumput dipotong sekali seminggu. Dibawah lapangan terdapat pipa untuk mengalirkan air hangat untuk mencairkan salju saat musim salju.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar