Rabu, 05 November 2014

Highbury-Stadion Bersejarah Arsenal

Highbury tadium
Highbury adalah stadion lama Arsenal yang merupakan saksi sejarah Arsenal dan sepakbola Britania. Bagi para fans Arsenal, stadion ini merupakan stadion yang memiliki sejuta kenangan kejayaan Arsenal dan tidak akan dilupakan oleh The Gunners.

Awalnya stadion ini bernama Manor Ground, namun Manor Ground bukanlah sebuah stadion melainkan hanya tanah lapang biasa. Kemudian dibangun tribun-tribun penonton layaknya sebuah stadion. Kemudian stadion tersebut resmi dipakai di Liga Inggris dengan nama resmi Highbury Arsenal Stadium. Stadion tersebut di perbesar dan mencapai kapasitas 60.000 penonton (berdiri). Namun setelah di pasang kursi penonton malah kapasitasnya turun menjadi sekitar 38.500.

Highbury saat ini
Sebenarnya pihak management ingin merenovasi stadion tersebut. Namun rasanya tidak mungkin, karena tidak memiliki lahan untuk memperluas stadion. Akhirnya tempat keramat Arsenal ini ditutup dan pindah ke stadion barunya Emirates Stadium yang berjarak kira-kira 1000m dari Highbury. Kini, Highbury dijadikan kantor-kantor dan ruang terbuka hijau oleh pemerintah Inggris.

Kepindahan markas Arsenal sebenarnya kurang menyenangkan hati para fans walaupun jika dilihat dari segi financial Emirates lebih unggul dengan kapasitas 60.000. Tapi jika dilihat dari segi prestasi, Arsenal belum menunjukkan kehebatannya di Emirates Stadium. Dengan alasan itu The Gunners lebih suka tim kesayangannya bermain di Highbury. Benar saja, para fans Arsenal lebih suka menyebut Emirates Stadium dengan sebutan The Grove atau julukan untuk Highbury Stadium. Hal itu dikarenakan Highbury merupakan stadion yang angker buat lawan-lawannya.

Tercatat di Highbury, Arsenal berhasil mengemas segudang prestasi, diantaranya adalah setotal 13 trofi jawara liga, termasuk catatan impresif The Invincibles pada 2003/2004, sepuluh Piala FA, sepasang Piala Liga, plus selusin Community Shield memang semuanya dicaplok Arsenal ketika masih menghuni The Highbury Stadium.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar